Bab 9 Praktik Lintas Bidang Danial/8B/13
PRAKTIK LINTAS BIDANG
Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu mempraktekkan problem solving suatu kasus, untuk menghasilkan solusi dalam bentuk artefak komputasi dengan menerapkan beberapa dari 7 aspek Praktika Lintas Bidang yang sesuai dengan kasus yang dikerjakan dan solusi yang ingin dicapai:
1. Siswa mampu berkolaborasi untuk melaksanakan tugas dengan tema komputasi.
2. Siswa mampu mengembangkan artefak komputasi atau suatu produk dengan menerapkan berpikir komputasi.
3. Siswa mampu mengembangkan rencana pengujian, menguji dan mendokumentasikan hasil uji artefak komputasi (produk TIK).
4. Siswa mampu mempresentasikan dan menjelaskan karyanya, dalam bentuk lisan, tertulis, atau dalam bentuk poster/gambar.
PENGERTIAN
Praktik Lintas Bidang adalah Sebuah konsep pembelajaran terhadap penekanan sebuah pekerjaan maupun pengembangan pengetahuan yang secara umum harus dipelajari meskipun bukan bidang yang ditekuni, salah satunya terhadap penggunaan komputer yang di masa sekarang banyak digunakan orang-orang di berbagai aspek kehidupan.
A. PENGEMBANGAN ARTEFAK KOMPUTASIONAL
Artefak Komputasional merupakan objek yang diciptakan sebagai hasil berpikir komputasional. Artefak merupakan kata serapan dari bahasa Latin: arte factum, arti secara harfiah yaitu "dibuat oleh keterampilan". Jadi artefak komputasional adalah teknologi atau alat yang dikembangkan dengan proses kreatif dan menggunakan teknik berpikir komputasi. Produk artefak komputasional dapat berupa kode program, aplikasi, situs atau web, foto atau gambar, audio, video, dll.
B. PENGENALAN MAKEY-MAKEY
Makey Makey sendiri adalah papan sirkuit yang dapat dihubungkan ke komputer dan dapat berfungsi seperti keyboard. Dengan dukungan teknologi, sekarang semua orang dapat membuat penemuan penemuannya sendiri.
Kit makey-makey adalah kit penemuan yang dirancang untuk menghubungkan benda sehari-hari ke kode yang telah dibuat dikomputer. Pada kit makey-makey terdapat papan sirkuit , klip buaya, dan kabel USB. Sebagai contoh, ketika akan membuat mainan dari kit makey-makey, kita dapat menggunakan aplikasi Scratch dan menempelkan klik buaya ke benda yang akan kita gunakan sebagai keyboard, gamepad, mouse, atau remot, dengan demikian hal tersebut memungkinkan Makey Makey untuk bekerja dengan program komputer atau halaman web apa pun yang menerima klik keyboard atau mouse.
terima kasih sdh mengerjakan tugasnya dengan baik
ReplyDelete