Tugas Pertemuan Kedua Danial 8B 13

Apa Itu Microsoft Excel ?

 Microsoft Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi. Fungsinya untuk otomatisasi manipulasi data dalam berbagai bentuk, seperti rumus, perhitungan dasar, manipulasi data, pembuatan tabel, grafik hingga pengelolaan data.

Apa Manfaat Penggunaan Microsoft Excel ?

Bidang Akuntansi

Contoh penggunaan program Microsoft Excel dalam akuntansi antara lain menghitung laba/rugi perusahaan, mencari laba suatu periode, dan menghitung gaji karyawan.


Contoh Bidang Akuntansi

Kalkulasi Matematis

Kalkulasi matematis digunakan dalam mencari data dari hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian, serta berbagai macam variasinya.


Contoh Kalkulasi Matematis

Pengelolaan Data

pemanfaatan Excel dalam mengelola data yaitu mengelola data base statistik, mencari nilai tengah, rata-rata, dan pencarian nilai maksimum serta nilai minimum sebuahd ata dan lain sebagainya. 


Contoh Pengelolaan Data

Pembuatan Grafik

Excel dapat digunan untuk membuat grafik, misal grafik perkembangan jumlah penduduk selama beberapa periode, grafik perkembangan jumlah siswa dalam sebuah lembaga pendidikan, grafik kunjungan siswa ke perpustakaan, grafik kelulusan dan sebagainya.


Contoh Pembuatan Grafik

Operasi Tabel

Jumlah baris yang tersedia dalam Excel mencapa 1.084.576 dengan jumlah kolom 16.384, maka kamu tidak akan merasa sulit apabila haru smenginput data dengan jumlah besar.


Contoh Operasi Tabel

Tutorial Microsoft Excel


- Pilih dan klik ikon Windows di layar “home” untuk mengakses menu “Start”.

- Pilih menu program. 

- Cari dan pilih Microsoft Office. 

- Kemudian, klik program aplikasi Microsoft Excel tersebut.

- Tunggu sampai jendela program aplikasi Microsoft Excel ditampilkan. 

- Mengaktifkan Microsoft Excel bisa juga dilakukan dengan klik dua kali pada shorcut aplikasinya yang biasa muncul di layar “home” desktop. 

- Sementara untuk cara menutup Microsoft Excel, bisa dilakukan dengan klik ikon silang warna merah yang berada di pojok kanan jendedal aplikasi.



Comments

Popular posts from this blog

Bab 9 Praktik Lintas Bidang Danial/8B/13

Bab 7 Algoritma Pemrograman Danial

Informatika Bab 6 Analisis Data Danial 8B